1. Product (Produk)
produk merupakan segala sesuatu yang di tawarkan dipasar untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Produk terdiri atas barang, jasa, pengalaman, events, orang, tempat, kepemilikan, organisasi, dan ide.
Disini dapat dilihat pada web maicih di bagian tab sebelah kiri terdapat macam-macam produk yang di jual.
2. Price (Harga)
Jumlah uang yang harus di bayar oleh pelanggan untuk mendapatkan produk. Keputusan-keputusan mengenai harga mencakup tingkat harga, potongan harga, keringanan, periode pemasaran, dan rencana iklan yang di buat oleh produsen.
Di bawah ini merupakan contoh suatu harga produk pada web maicih, harga produk ini dapat kita lihat jika kita mengklik jenis produk dari tab produk utama, disini contohnya adalah harga produk 'Keripik Level 3'. Di halaman ini juga dapat dilihat langsung cara pemesanan keripik tersebut secara online
3. Place (Tempat atau Distribusi)
Tempat/Lokasi sering pula disebut sebagai saluran dstribusi yaitu suatu perangkat organisasi yang saling tergantung dalam penyedia suatu produk atau jasa untuk digunakan atau di konsumsi oleh konsumen atau pengguna bisnis.
Untuk tempat pendistribusian, di website ini dapat dilihat pada tab 'Gentayangan Indonesia' yang menyediakan link-link yang dapat memberikan informasi tempat stand-stand yang menjual keripik maicih sesuai dengan area nya, contoh : Jakarta Selatan, Bali, Tangerang dsb.
4. Promotion (Promosi)
Promosi pada dasarnya adalah bentuk komunikasi pemasaran. Promosi meliputi semua kegiatan yang di lakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan produknya kepada pasar sasaran.
Maicih menggunakan jejaring sosial twitter untuk melakukan promosi utamanya. https://twitter.com/infomaicih
Demikian pembahasan saya tentang Marketing Mix 4P. Dapat kita ketahui bahwa setiap perusahaan memiliki marketing yang berbeda-beda sesuai dengan isi, kinerja, visi, dan misi perusahaan tersebut untuk meraih profit yang maksimal. Kesimpulan yang di dapat disini adalah 4P sangat berperan penting dalam pemasaran suatu produk, karena memudahkan pelanggan untuk mencari informasi dan membeli produk-produk yang di pasarkan.
No comments:
Post a Comment