Saturday, October 6, 2012

Bisnis Informatika

Bisnis memang merambah dunia apa saja dari level terbawah ,menengah maupun level atas. Tak terlepas satu bidang yang satu ini, informatika yang awalnya untuk kalangan peneliti dan tidak dikomersilkan kini pun menjadi lahan bisnis yang sangat menjanjikan. Seiring dengan perkembangannya yang sangat pesat bisnis informatika juga merambah ke setiap sendi kehidupan. dari sektor pemenuhan kebutuhan primer, sekunder sampai pemenuhan kebutuhan tersier. dari pemenuhan kebutuhan jasmani sampai pemenuhan kebutuhan rohani. dari pemenuhan kebutuhan individu sampai pemenuhan kebutuhan sosial/kolektif / kelompok.






Bisnis dan Informatika memiliki dua arti yang saling berbeda, tetapi jika kata tersebut di padu padankan memiliki suatu keterikatan yang mempunyai satu makna. Dalam pengertian yang sederhana bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Yang dimaksud teknologi informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi, seperti internet.

Perkembangan teknologi informasi dan komputer menyebabkan perubahan kultur kita sehari-hari yang disebut dengan “information age”. Media elektronik menjadi salah satu media andalan untuk melakukan komunikasi dan bisnis. Meskipun penggunaan media elektronik ini belum dimengerti, akan tetapi desakan bisnis menyebabkan para pelaku bisnis mau tidak mau harus menggunakan media elektronik ini.

Seperti yang kita tahu permasalahan di dunia ini adalah “ruang dan waktu” oleh karena itu penerapan teknologi informatika sangat dibutuhkan, maka dibutuhkan sebuah penerapan teknologi ini untuk memecahkan masalah. Karena banyaknya permintaan dalam teknologi informasi dan komputer di Indonesia dalam segala bidang maka munculah perusahaan-perusahaan yang bergelut dalam bisnis informatika ini. Seperti contohnya adalah website e-Commerce jual-beli http://www.tokobagus.com/



Tokobagus.Com adalah Pusat Jual Beli melalui media Online terbesar di Indonesia. Tempat untuk mencari barang baru atau bekas juga berkualitas. Produk seperti handphone, komputer, fashion, mobil bekas, motor, rumah dan properti, peralatan rumah tangga, aneka jasa dan juga lowongan kerja disediakan lengkap di TokoBagus. Fitur unggulan di toko bagus adalah adanya fasilitas pasang iklan gratis. Pasang iklan gratis adalah salah satu layanan yang disediakan oleh Tokobagus. Iklan anda akan dilihat oleh ratusan ribu orang dari Indonesia maupun Internasional setiap harinya. Bertransaksi di Tokobagus, baik jual maupun beli tidak dikenakan biaya, semua disediakan gratis.

Tetapi bila ingin menjual atau membeli barang di website ini sebaiknya berhati-hati, TokoBagus hanyalah tempat untuk mempertemukan dua belah pihak yaitu penjual dan pembeli. Toko Bagus tidak bertanggung jawab atas transaksi yang dilakukan pihak pembeli dan pihak penjual. Kekurangan informasi juga dapat menimbulkan berbagai kasus penipuan yang terjadi selama ini di TokoBagus.

Salah satu contoh bisnis manual yang mengandalkan pemasarannya melalui internet yaitu Kebab Turki Baba Rafi melalui website nya http://www.babarafi.com/




Kebab Turki Baba Rafi (KTBR), sebuah bisnis makanan cepat saji yang kini semakin dikenal luas. Dengan produk utama ”Kebab”, yang lezat dan bercitarasa khas terbukti bukanlah bisnis musiman seiring dengan kiprahnya yang aaa menusantara bahkan siap merambah Asia Tenggara. Di bawah naungan manajemen PT. Baba Rafi Indonesia, KTBR dikelola dengan penuh semangat muda, integritas dan inovasi yang tak kenal henti, terbukti 800 outlet berdiri dalam kurun waktu pengembangan 8 tahun. Gelar THE BEST AND THE LARGEST LOCAL FAST FOOD FRANCHISE pun diraih. Tentu saja langkah sukses itu tercapai berkat kerja sama saling dukung antara Franchisee dengan Franchisor.

Deretan penghargaan yang diraih semakin membuktikan profesionalisme PT. Baba Rafi Indonesia. KTBR sangat siap menginternasional, kini bukan lagi local business tapi international business.


Visi dan misi KTBR di tahun 2012 menurut websitenya :

di Tahun 2012, KTBR siap merajai bisnis makanan cepat saji ala timur tengah, dengan target penambahan gerai di beberapa negara Asia Tenggara. Setelah sukses melebarkan sayap ke Malaysia dengan secara resmi PT. Baba Rafi Indonesia terdaftar sebagai anggota Malaysian Franchise Association, maka target selanjutnya adalah menaklukkan Negeri Gajah Putih, Thailand. Selain karena negerinya yang terkenal dengan pariwisata tradisional, karakteristik penduduknya justru menjadi alasan yang membuat KTBR tertantang untuk membuat mainstream baru dengan makanan cepat saji ala timur tengah.

Target dalam negeri tentu saja fokus pada maintaining 800 outlet yang telah beroperasi. Di Nusantara KTBR masih sejumlah 600 outlet, inilah alasan kami untuk tetap pada “sales!, sales! dan sales!” . masih terbuka banyak peluang pasar yang dapat dibidik dan diciptakan. Oleh karenanya di 2012 angka 1001 outlet akan ditembus baik di Malaysia maupun Indonesia.

Sumber Daya Manusia

KTBR membuka franchise syariah, tipe investasinya dapat dilihat langsung dari website KTBR. Jika ingin membuka franchise dapat mengkontak langsung ke Jakarta Head Office atau ke Surabaya Branch Office, nomor telpon yang bisa di hubungi dapat dilihat pada website KTBR.

keuntungan dan ketentuan franchise tersebut ialah :

Keuntungan:
1.    Bebas royalty fee setiap bulan
2.    Outlet dikelola penuh oleh franchisor
3.    Dapatkan pasif income tiap bulan
4.    Keuntungan lebih terjamin
5.    System kerjasama profit sharing 50%:50%

Ketentuan:
1.    Seluruh biaya pengelolaan outlet (BPO) dibebankan pada total omzet.
2.    BPO ini meliputi :
     a.     Pemakaian bahan baku (termasuk packaging)
     b.     Komisi dan gaji pegawai
     c.     Sewa tempat
     d.     Transportasi (bbm) ± Rp. 10.000,-/hari
     e.     Biaya operasional seperti: gas LPG, perbaikan atau penambahan perlengkapan outlet dll.
     f.      Laba bersih diperoleh dari total omzet dikurangi BPO
     g.     Franchisee menyediakan fasilitas sepeda motor untuk operasional operator outlet.

Tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan

Hendy Setiono, pendiri sekaligus pemilik usaha waralaba Kebab Turki Baba Rafi telah beberapa kali mengadakan berbagai seminar baik untuk kampus, corporate, maupun komunitas melalui usaha kebabnya ini.

Sesama jawara Wirausaha Muda Mandiri 2007, Hendy Setiono dan Saptuari Sugiharto mengusung icon baru “Young Enterpreneur Motivator”. Kesuksesan bukanlah sesuatu yang langsung diraih pada langkah pertama tapi merupakan sebuah perjalanan panjang penuh perjuangan. Inilah alasan mereka memulai wirausaha “sejak dini”. Dan untuk ini mereka tidak takut berbagi.

Seminar-seminar yang telah diadakan dapat dilihat langsung di website KTBR.









No comments:

Post a Comment